Tips aman berinternet dari Google

Oleh: Hieronimus Patardo - Kamis, 23 Apr 2020 14:17 WIB

Beberapa waktu lalu Google memaparkan temuannya mengenai upaya serangan malware dan phising terkait Covid-19. Berkenaan dengan itu, raksasa teknologi tersebut membagikan sejumlah langkah aman dalam berinternet di masa pandemi ini.

Source: Google

Beberapa waktu lalu, Google mengumumkan bahwa pihaknya menemukan lebih dari 18 juta aksi malware dan upaya phishing terkait Covid-19. Tidak hanya itu, temuan Google juga menunjukkan bahwa ada lebih dari 240 juta email scam terkait Covid-19 di seluruh dunia setiap harinya. 

Karenanya untuk melindungi penggunanya dari risiko terkena scam dan phising Google telah membangun sistem proteksi keamanan ke berbagai produk Google. Sistem ini akan secara otomatis mengidentifikasi dan menghentikan ancaman siber dengan lebih cepat. 

Berkenaan dengan itu, Google pun membagikan beberapa tips untuk dapat terhindar dari email scam dan phising. Seperti mengidentifikasi URL yang tersedia, atau tidak asal melakukan klik pada tautan yang disediakan di email. Berikut beberapa tips aman berinternet dari Google: 

Ketahui cara mendeteksi scam Covid-19


Kebanyakan scam dan phising akan dilakukan menggunakan email. Google menyarankan untuk tetap waspada apabila ada email yang meminta informasi tertentu, seperti alamat rumah, atau informasi akun bank. Link palsu biasanya akan meniru alamat situs resmi, namun dengan beberapa perubahan, seperti penambahan karakter, atau mengganti karakter tertentu dengan karakter alternatif, seperti huruf O diganti dengan angka 0 (nol), dan sebagainya.