Tips agar anak tetap aman dan nyaman menggunakan internet

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Selasa, 23 Jul 2019 13:17 WIB

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Facebook telah membagikan langkah-langkah untuk anak tetap aman dan nyaman menggunakan internet.

Source: Unsplash

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Facebook mengajak para orang tua untuk berperan lebih dalam mengawasi dan melindungi anak-anak mereka ketika menggunakan internet terutama media sosial. Upaya ini juga selaras dengan tema Hari Anak Nasional 2019 yang diangkat oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yakni, "Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak". Tema ini termasuk peran orang tua melindungi anak-anak mereka di media sosial. 

Untuk itu, Facebook telah membagikan langkah-langkah untuk memastikan anak-anak mendapatkan pengalaman menyenangkan dan aman saat menggunakan internet

1. Memperkenalkan anak-anak dasar privasi dan keamanan, sehingga mereka dapat membedakan mana yang aman dan tidak. 

2. Memegang kendali dengan mengunduh Parental Control di perangkat yang digunakan anak Anda. Tentunya ini akan menyaring dan memblokir konten yang tidak sesuai, sekaligus mengontrol seberapa banyak waktu yang dihabiskan saat online. 

3. Memberi batasan pada anak terkait waktu yang dihabiskan saat menggunakan internet, dan jangan biarkan anak-anak menggunakan internet tanpa pengawasan Anda.