TikTok kembali jadi aplikasi paling laris di dunia

Oleh: Hieronimus Patardo - Kamis, 10 Sep 2020 14:20 WIB

Walau ancaman blokir mengintai, TikTok tetap keluar sebagai aplikasi paling banyak diunduh di dunia. Bulan Agustus lalu, TikTok berhasil mengumpulkan jumlah unduhan sebanyak 63,3 juta di platform iOS dan Android.

Ancaman blokir yang diberikan pemerintah AS ternyata tidak menghentikan laju TikTok untuk menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh sampai saat ini. Pasalnya laporan terbaru Sensor Tower menyebut kalau TikTok kembali menjadi aplikasi non gaming paling banyak diunduh di dunia pada Agustus tahun ini. 

Pada Agustus 2020, TikTok berhasil mengumpulkan lebih dari 63,3 juta unduhan. Jumlah ini dilaporkan meningkat sebanyak 1,6 persen dari periode yang sama tahun lalu. Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi ini. 11 persen dari total unduhan itu berasal dari Indonesia. Sementara di posisi kedua ada Brazil dengan kontribusi unduhan sebanyak 9 persen. 

Sebagaimana diketahui, TikTok sedang menghadapi ancaman blokir dari pemerintah AS. Syarat yang diajukan agar aplikasi ini tetap dapat beroperasi di AS adalah dengan menjual bisnisnya ke perusahaan asal Amerika Serikat. Microsoft dan Walmart pun bekerja sama untuk mengakuisisi TikTok. Oracle juga menyatakan niat yang sama. 

Meski begitu, upaya akuisisi ini terhambat kala pemerintah Tiongkok mengeluarkan aturan perizinan untuk teknologi Tiongkok yang hendak diekspor. Setidaknya ekspor teknologi itu membutuhkan izin dari pemerintah Tiongkok. 

Ini kesekian kalinya TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia. Bulan lalu, TikTok juga keluar menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di iOS dan Android. Kala itu TikTok berhasil mengumpulkan unduhan sebanyak 65,2 juta kali.