Telkomsel VoLTE kini tersedia di Bogor dan Sidoarjo

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 19 Jun 2020 17:42 WIB

Telkomsel memperluas ketersediaan layanan voice over LTE (VoLTE) yang meliputi perluasan jangkauan daerah dan mitra ponsel pendukung layanan VoLTE.

Telkomsel memperluas ketersediaan layanan voice over LTE (VoLTE) yang meliputi perluasan jangkauan daerah dan mitra ponsel pendukung layanan VoLTE. Upaya ini diharapkan dapat turut mengakselerasi adopsi teknologi broadband VoLTE oleh seluruh lapisan masyakarakat Indonesia. Selain itu, upaya ini juga merupakan langkah Telkomsel menuju implementasi 5G.

Kini Telkomsel telah memperluas ketersediaan layanan VoLTE hingga wilayah Bogor dan Sidoarjo. Sebelumnya layanan VoLTE sukses dioperasikan di wilayah Jadetabek dan Surabaya sejak awal Mei lalu. 

VP Prepaid Consumer Telkomsel - Adhi Putranto menjelaskan layanan VoLTE membawa sejumlah fitur di antara menjanjikan kualitas suara yang jauh lebih baik dibanding dukungan jaringan untuk telepon saat ini yang menggunakan jaringan 3G. " Kualitas suara jauh lebih jernih dibanding 3G. Set up call akan lebih cepat, jadi nyambungnya lebih cepat. VoLTE ini juga sudah memungkinkan ke video call," katanya dalam konferensi pers virtual melalui CloudX, Jumat (19/6).

Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan pelanggan untuk tetap lancar berinternet ria meski sedang melakukan panggilan sekaligus. Secara teknis, tanpa layanan VoLTE pengguna yang melakukan telepon, jaringan 4G akan turun menjadi 3G dikarenakan 4G memang dikhususkan untuk data. 

Sementara itu VoLTE sendiri merupakan layanan telepon dengan menggunakan basis jaringan 4G sehingga tak akan mengganggu aktivitas pengguna saat menggunakan internet dan melakukan telepon secara bersamaan. "Bisa internetan dengan lebih lancar sambil telepon. Jadi jaringan tidak akan turun ke 3G maupun 2G ketika sedang melakukan panggilan menggunalan VoLTE. Di sisi background, akses data tetap akan menggunakan 4G LTE," ujar Adhi.