Ini tanggapan Menkominfo terkait metaverse dan media massa

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 09 Feb 2022 11:03 WIB

Menkominfo Johnny G Plate baru saja membahas metaverse dan masa depan media massa di Indonesia pada era digital.

Metaverse hingga saat ini menjadi bahasan yang panas di seluruh dunia. Dalam berbagai kesempatan, cukup banyak perusahaan yang berbicara mengenai kepemilikan atau sedang mengembangkan metaverse milik mereka sendiri.

Pemerintah di berbagai negara pun sudah mulai mengatur kebijakan dan menanggapi terkait topik ini. Lantas, bagaimana dengan pemerintah Indonesia terkait tanggapan mereka perihal metaverse?

Ternyata, pemerintah Indonesia pun sudah memiliki pandangan mereka sendiri terkait dengan dunia digital tersebut, terutama di bidang media massa. Adalah Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate yang telah memberikan pandangan mengenai hal tersebut.

Johnny menjelaskan, perkembangan metaverse memungkinkan kemunculan model bisnis baru untuk industri media. Sebagai informasi, Menkominfo pada tahun 2003 menyatakan bahwa telah muncul platform second life, yakni komunitas virtual online yang memungkinkan pengguna membuat avatar dan berinteraksi di dunia virtual.

Dalam platform itu, menurutnya telah hadir The Second Life Environment, yaitu surat kabar online yang memungkinkan pemilik dan pembuat bisnis virtual untuk mengiklankan layanan atau produk mereka kepada konsumen di dalam platform second life.