Strategi Sharp Indonesia hadapi pandemi Covid-19

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Rabu, 08 Jul 2020 16:22 WIB

Dengan tercapainya 20 juta produksi lemari es di masa pandemi Covid-19 ini, Sharp luncurkan lemari es ‘Kirei III’.

Source: Sharp

PT SHARP Electronics Indonesia mengungkapkan keberhasilan perusahaan melalui rintangan saat masa Covid-19. Diketahui Sharp kembali menunjukan peningkatan produksi hingga 40%, seiring dengan meningkatnya permintaan pasar yang berujung pada kenaikkan penjualan. Keberhasilan pengalaman Sharp melewati masa-masa tersebut, dibagikan melalui acara digital SHARP Web Conference hari ini.

"Sharp menghadapi tantangan sejak awal Maret lalu hingga pertengahan April, dimana perusahaan masih berusaha untuk beradaptasi dengan keadaan baru. Beruntungnya, produk-produk unggulan kami seperti Air Purifier mendulang performa positif pada akhir April 2020. Kami dapat bertahan hingga kami mampu menghindari pemangkasan jumlah karyawan. Kami akan berusaha semampu kami untuk menjadikan hal tersebut pilihan paling akhir. Kesejahteraan karyawan menjadi prioritas kami," kata Presiden Direktur PT SHARP Electronics Indonesia, Shinji Teraoka. 

Hal ini tidak terlepas dari kinerja efisien sektor operasional dan penjualan perusahaan. Pasalnya, kendati pegawai yang datang ke pabrik SHARP Indonesia berkurang dengan diterapkannya Work From Home (WFH), namun dapat dimaksimalkan dengan pembagian tugas yang efektif dan efisien. Begitu pula dengan kendala penutupan pertokoan dan pusat perbelanjaan yang mengakibatkan penurunan daya beli masyarakat yang berdampak pada penjualan dapat diatasi melalui strategi penjualan online

“Dengan adanya kebijakan PSBB ini, kreatifitas dan kerjasama tim menjadi kunci kesuksesan. Justru di tengah pandemi, pada April lalu PT Sharp Electronics Indonesia kembali mencatatkan sejarah dengan keberhasilannya dalam memproduksi lemari es ke 20 juta unit, ini adalah prestasi yang luar biasa," kata Vice President PT SHARP Electronics Indonesia, Shigeo Noma. 

Dalam hal penjualan, Andry Adi Utomo - National Sales Senior General Manager mengatakan tiga kunci utama Sharp dalam menjalankan strategi bisnisnya. Di mana pertama mengoptimalkan penggunaan internet, menghitung presisi terhadap potensi permintaan pasar, dan menghadirkan produk baru yang sesuai dengan perubahan gaya hidup di masa pandemi. 

Tag