SpaceX siap luncurkan layanan internet Starlink, bisa dipesan di Indonesia

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 11 Feb 2021 14:00 WIB

Para pengguna diwajibkan membayar uang muka dan biaya pembelian alat dukungan untuk mendapatkan layanan Starlink.

Setelah melakukan uji coba selama beberapa waktu terakhir ini, SpaceX akhirnya akan segera membuka pre-register untuk penggunaan layanan Starlink. Seperti diketahui, layanan ini merupakan layanan internet luar angkasa yang dimiliki SpaceX.

Untuk dapat melakukan pre-register, pengguna harus mendaftar untuk menunjukkan minat mereka dalam menggunakan layanan tersebut. Pengguna diminta menyetor USD99 atau Rp1,3 juta, kemudian akan dilihat apakah lokasinya tercover layanan tersebut.

Para pendaftar kemudian akan mendapatkan tanggal cakupan target, baik 2021 atau 2022, berdasarkan lokasinya. Setelah dipastikan, para pengguna diwajibkan mendaftarkan metode pembayaran menggunakan kartu kredit.

Engadget (11/2) melaporkan bahwa pengguna juga diwajibkan membayar USD499 atau Rp7 juta untuk Starlink Kit. Pengguna akan mendapatkan router dan antena Wi-Fi, serta biaya tambahan untuk pengiriman dan pajak.

Jika dengan alasan apapun pengguna tidak bisa mendapatkan layanan ini, dana dapat dikembalikan sepenuhnya dan dapat memakan waktu hingga enam bulan untuk dikembalikan secara utuh.