SpaceX berhasil uji coba peluncuran Crew Dragon

Oleh: Erlanmart - Senin, 20 Jan 2020 05:51 WIB

Ini adalah uji coba berskala besar terakhir sebelum SpaceX dapat menempatkan manusia di atas Crew Dragon dan menerbangkan mereka ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Source: Engadget

Perusahaan transportasi luar angkasa SpaceX diinformasikan baru saja menyelesaikan toggak sejarahnya dalam upaya menerbangkan manusia ke orbit. Perusahaan swasta yang dipimpin oleh Elon Musk tersebut telah berhasil melakukan uji terbang dalam sistem peluncuran Dragon Crew, dengan kapsul yang terlepas sendiri dari roket Falcon 9 dan diprogram jatuh di Atlantik.

Seperti yang diharapkan, roket utama terpisah tidak lama setelah peluncuran karena perubahan mendadak aerodinamika dan tekanan. Dilansir dari Engadget (20/1), mungkin perlu beberapa saat sebelum SpaceX mengetahui apakah kapsul tersebut mendarat dengan benar, dan apakah dua benda uji coba tersebut tetap utuh.

Ini adalah uji coba berskala besar terakhir sebelum SpaceX dapat menempatkan manusia di atas Crew Dragon dan menerbangkan mereka ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS). Masih belum ada tanggal spesifik untuk acara penting tersebut selain awal 2020, tetapi perusahaan ini jelas dapat menarik napas lega mengetahui bahwa masalah pengujian kapsul sebelumnya tidak menunjukkan gejala masalah yang lebih besar.

Splashdown of Crew Dragon in the Atlantic Ocean! pic.twitter.com/V1C2Xfd9Mk — SpaceX (@SpaceX) January 19, 2020