Sony pastikan PlayStation 5 belum siap tampil tahun ini

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 17 Apr 2019 12:35 WIB

Dikabarkan, dengan menggunakan CPU Ryzen generasi ketiga dan GPU Navi, PlayStation 5 dapat dimainkan hingga di resolusi 8K.

PlayStation 4 Engadget

Desas desus kehadiran konsol gim generasi selanjutnya milik Sony sudah terendus semenjak akhir tahun lalu. Namun, Sony dengan lihai menyembunyikan informasi terkait dengan keberadaan konsol yang dipercayai sebagai PlayStation 5 dari awak media.

Namun, belakangan ini, pihak Sony sudah mau terbuka mengenai kehadiran konsol tersebut. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Wired (17/4/2019), perwakilan Sony pun membeberkan sedikit informasi mengenai konsol tersebut.

Mereka mengatakan, beberapa fitur kekinian pun hadir dalam PlayStation 5. Mulai dari dukugnan grafis hingga resolusi 8K, audio 3D, SSD super cepat, dan kemampuan kompatibilitas dengan game PlayStation 4 ada di perangkat tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu arsitek PlayStation 4, Mark Cerny. Dia mengatakan, konsol ini akan menggunakan sebuah arsitektur yang benar benar berbeda dengan generasi sebelumnya. Jadi, bisa dipastikan performanya akan meningkat drastis.

Untuk menjalankan konsol ini, mereka menggunakan CPU custom milik AMD. Yang mengejutkan, CPU yang dimaksud adalah Ryzen generasi ketiga yang sudah memiliki teknologi fabrikasi 7nm.