Sony luncurkan kamera vlogging ZV-1 II dengan lensa lebar dan Hybrid AF

Oleh: Erlanmart - Rabu, 24 Mei 2023 16:04 WIB

ZV-1 II memiliki sensor BSI bertumpuk (stacked) berukuran 1 inci yang dipinjam dari Sony RX100 V, seperti ZV-1 versi awal.

Sony telah meluncurkan kamera vlogging ZV-1 II. Dari namanya sudah dapat ditebak bahwa kamera ini adalah penerus dari ZV-1. Kamera terbaru itu diklaim dapat mengatasi masalah besar dengan model sebelumnya.

ZV-1 II memiliki lensa baru yang lebih lebar yang memungkinkan pengguna memasukkan seluruh wajah ke dalam frame meski EIS diaktifkan, mengatasi keluhan terbesar yang ada pada ZV-1. Ini juga menawarkan pengaturan baru yang memberikan tampilan yang lebih sinematik, tetapi kamera sebagian besar merupakan pengulangan dari model sebelumnya.

Seperti sebelumnya, ZV-1 II memiliki sensor BSI bertumpuk (stacked) berukuran 1 inci yang dipinjam dari Sony RX100 V, seperti ZV-1 versi awal. Bodinya tidak berubah dan kontrolnya sama, dan memiliki tampilan flip-out yang bagus seperti sebelumnya - tetapi tidak ada electronic viewfinder (EVF).

Dilansir dari Engadget (24/5), integrasi 3 mikrofon kapsul memberikan kualitas suara yang lebih baik daripada mikrofon bawaan pada kebanyakan kamera, dan memiliki jack mikrofon 3,5mm (tetapi tidak ada port headphone) dan hot shoe multi-antarmuka yang mendukung mikrofon Sony tertentu.

Penambahan terbesar adalah lensa baru 18-50mm (setara 35mm) f/1.8-4 yang lebih lebar dari lensa 24-70mm f/1.8-2.8 pada model sebelumnya. Dengan lensa bawaannya, ZV-1 versi awal memang sudah cukup lebar dengan stabilisasi elektronik (EIS) dalam keadaan mati. Ketika EIS diaktifkan, secara efektif terlalu sempit untuk vlogging kecuali pengguna memiliki lengan yang sangat panjang. Lensa baru ini sekarang setara dengan 23mm dengan stabilisasi aktif, yang cukup lebar.