Sony A6400 diklaim punya AF tercepat di dunia

Oleh: Erlanmart - Rabu, 16 Jan 2019 12:52 WIB

Perusahaan asal Jepang ini mengklaim sistem autofocus pada A6400 mampu menentukan fokus dalam waktu hanya 0,02 detik.

Sony baru saja mengumumkan kamera terbaru mereka, A6400. Kamera mirrorless ini bertabur aneka fitur mutakhir yang menyertakan real-time eye AF, real-time tracking, dan diklaim sebagai pemegang AF tercepat di dunia. Dilansir dari PetaPixel (15/1), sensor yang digunakan di dalam kamera ini adalah CMOS APS-C Exmor beresolusi 24.2 MP.

Dalam hal kepekaan cahaya, kamera dengan prosesor gambar Bionz X ini memiliki kepekaan cahaya hingga ISO 32000 (ada pula mode yang menawarkan hingga ISO 102.400. Selain itu, A6400 memiliki kecepatan foto pada mode continuous shoot  hingga 11 fps menggunakan shutter mekanik atau 8 fps dengan mode sunyi (silent), kedua pemotretan cepat juga didukung tracking AF/AE. Kemampuan buffer diklaim mampu menangani foto JPG hingga 116 frame atau 46 frame dengan format RAW.

Salah satu keunggulan Sony A6400 adalah kemampuan autofocus-nya. Kamera ini memiliki titik AF hingga 425 poin yang mencakup 84 persen area gambar. Perusahaan asal Jepang ini mengklaim sistem autofocus tersebut mampu menentukan fokus dalam waktu hanya 0,02 detik.

Real-time Eye AF mengandalkan pengenalan objek berbasis AI untuk mendeteksi dan mengikuti (tracking) mata. Sehingga menjanjikan peningkatan akurasi, kecepatan dan performa.

“Dalam seluruh mode autofocus, kini kamera secara otomatis mendeteksi mata subjek dan mengaktifkan Eye AF dengan menekan setengah tombol shutter. Ketika menggunakan mode AF-C atau AF-A, mata kiri atau kanan subjek dapat dipilih sebagai titik fokus. Pilihan termasuk Auto / Right Eye / Left Eye, dan fungsi Switch Right / Left Eye juga dapat dimasukkan ke dalam pengaturan kustom,” kata Sony.