Snapdragon 875 akan jadi prosesor 5nm pertama Qualcomm

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 26 Agst 2019 15:05 WIB

Sementara Snapdragon 865 akan diluncurkan tahun ini dengan teknologi fabrikasi EUV milik Samsung, Snapdragon 875 akan diproduksi menggunakan EUV 5nm milik TSMC.

Prosesor Qualcomm (Qualcomm)

Seperti biasanya, Qualcomm akan mengadakan acara peluncuran prosesor terbaru mereka. Sepertinya, tahun ini mereka akan meluncurkan prosesor flagship terbaru mereka, yakni Snapdragon 865.

Sayangnya, ada kabar kurang mengenakkan terkait dengan prosesor tersebut. Prosesor tersebut tidak akan menggunakan teknologi fabrikasi 5nm, melainkan akan menggunakan teknologi fabrikasi EUV 7nm yang telah disempurnakan.

Proses fabrikasi Snapdragon 865 akan menggunakan jasa dari Samsung. Lantas, kapan kita akan melihat prosesor 5nm dari Qualcomm? Ternyata, mereka telah mempersiapkan prosesor 5nm, yang akan bernama Snapdragon 875. 

Wccftech (26/8/2019) menyebut, untuk memproduksi prosesor 5nm tersebut, mereka akan menggunakan jasa TSMC, dikarenakan pabrikan asal Tiongkok tersebut sudah memiliki cara untuk memproduksi hal tersebut.

Sementara itu, beberapa detail seputar Snapdragon 865 telah muncul. Mereka akan mendapatkan efisiensi daya yang lebih baik dan kemampuan clock yang lebih baik. Hal ini dikarenakan Exynos 9825 terbaru milik Samsung dibuat pada proses EUV 7nm.