Snapdragon 875 akan jadi prosesor 5nm pertama Qualcomm

Sementara Snapdragon 865 akan diluncurkan tahun ini dengan teknologi fabrikasi EUV milik Samsung, Snapdragon 875 akan diproduksi menggunakan EUV 5nm milik TSMC.

Snapdragon 875 akan jadi prosesor 5nm pertama Qualcomm Prosesor Qualcomm (Qualcomm)

Seperti biasanya, Qualcomm akan mengadakan acara peluncuran prosesor terbaru mereka. Sepertinya, tahun ini mereka akan meluncurkan prosesor flagship terbaru mereka, yakni Snapdragon 865.

Sayangnya, ada kabar kurang mengenakkan terkait dengan prosesor tersebut. Prosesor tersebut tidak akan menggunakan teknologi fabrikasi 5nm, melainkan akan menggunakan teknologi fabrikasi EUV 7nm yang telah disempurnakan.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Intel i9-9900KS punya TDP 127W

Bocoran Cascade Lake X 10 core 20 threads mencuat

AMD Ryzen Threadripper 3000 akan dukung RAM quad-channel


Proses fabrikasi Snapdragon 865 akan menggunakan jasa dari Samsung. Lantas, kapan kita akan melihat prosesor 5nm dari Qualcomm? Ternyata, mereka telah mempersiapkan prosesor 5nm, yang akan bernama Snapdragon 875. 

Wccftech (26/8/2019) menyebut, untuk memproduksi prosesor 5nm tersebut, mereka akan menggunakan jasa TSMC, dikarenakan pabrikan asal Tiongkok tersebut sudah memiliki cara untuk memproduksi hal tersebut.

Sementara itu, beberapa detail seputar Snapdragon 865 telah muncul. Mereka akan mendapatkan efisiensi daya yang lebih baik dan kemampuan clock yang lebih baik. Hal ini dikarenakan Exynos 9825 terbaru milik Samsung dibuat pada proses EUV 7nm.

Pernyataan ini sedikit aneh dikarenakan perusahaan asal Korea Selatan tersebut pada awal tahun 2019 mengumumkan telah menemukan cara memproduksi prosesor 5nm menggunakan proses EUV.

Mereka mengklaim bahwa teknologi fabrikasi tersebut menghasilkan pengurangan daya sebesar 20 persen. Lalu, mengapa Qualcomm malah kembali berpindah hati ke TSMC?

Alasannya gampang. TSMC mengatakan bahwa mereka sudah selesai mengembangkan desain fabrikasi 5nm. Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa prosesor ini akan siap untuk diproduksi massal pada 2020 mendatang.

Tapi, kemungkinan besar Apple yang akan menjadi perusahaan yang memperkenalkan prosesor 5nm mereka, yakni Apple A14 mereka. Tentu saja, hal ini akan menjadi perlombaan antara Qualcomm dan Apple untuk memperkenalkan prosesor tersebut.

Sayangnya, tidak ada rincian lain yang dibagikan perihal Snapdragon 875. Tetapi laporan tersebut menyebutkan beberapa informasi untuk Snapdragon 865 mendatang.

Yang pertama adalah prosesor ini akan hadir dalam dua varian, dengan nama sandi 'Kona' dan 'Huracan'. Keduanya memiliki dukungan untuk menggunakan memori LPDDR5x dan penyimpanan UFS 3.0.

Kemungkinan perbedaan yang akan ditemukan adalah salah satu model akan memiliki modem 5G, sedangkan model lain tidak akan memilikinya. Hal ini cukup wajar, mengingat saat ini jaringan 5G masih belum populer, setidaknya tidak dalam satu tahun kedepan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: