Opensignal : Smartfren jadi pemilik jangkauan 4G tertinggi di Asia Tenggara

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 05 Mar 2021 14:00 WIB

Dalam laporan bertajuk "Global Mobile Network Experience Awards 2021", Smartfren, Indosat Ooredoo, 3 Indonesia, dan XL berhasil mendapatkan perhatian dunia.

Credit : Pixabay

Opensignal kembali memaparkan laporan pencapaian penyedia jasa internet mobile di seluruh dunia. Dalam laporan bertajuk "Global Mobile Network Experience Awards 2021", mereka kemballi membandingkan kualitas seluler pada berbagai operator di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dalam laporan kali ini, ada enam kategori besar yang mereka sorot, yakni Video Experience, Games Experience, Voice App Experience, Download Speed Experience, Upload Speed Experience, dan 4G Availability.

Untuk Video Experience, SoftBank dari Jepang dan T-Mobile Belanda jadi pemenangnya. Games Experience disabet oleh SoftBank dari Jepang dan Vodafon dari Belanda. LG U+ jadi juara di kategori Voice App Experience.

SK Telecom meraih penghargaan Download Speed Experience terbaik, sedangkan Swisscom dari Swiss mendapat kategori Upload Speed Experience. Sedangkan LG U+ berhasil merajai segmen 4G Availability.

Menariknya, dalam kategori 4G Availability, salah satu operator dari Indonesia mendapatkan predikat menjadi salah satu operator “Global Leader” dalam kategori tersebut. Smartfren lah yang menyandang predikat tersebut.