Singtel siap buat pusat data AI berbasis platform NVIDIA

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 01 Feb 2024 22:30 WIB

Menggunakan platform NVIDIA, Singtel ingin membangun platform pusat data AI yang ramah lingkungan untuk Asia Tenggara.

Demi menyongsong teknologi AI, Singtel akan menghadirkan platform AI berbasis platform NVIDIA. Nantinya, infrastruktur platform ini akan diselenggarakan untuk pengguna di Singapura dan beberapa negara disekitarnya.

Sekadar informasi, Singtel sendiri adalah penyedia layanan komunikasi terkemuka yang berbasis di Singapura. Targetnya, mereka ingin membangun pusat data hemat energi di seluruh Asia Tenggara yang dipercepat dengan GPU arsitektur NVIDIA Hopper dan menggunakan arsitektur referensi NVIDIA AI yang terbukti memberikan kinerja optimal.

Pusat data ini akan berfungsi sebagai sumber daya nasional yang berdaulat, sebuah pabrik AI yang memproses kumpulan data swasta dari perusahaan, startup, universitas, dan pemerintah secara aman untuk menghasilkan wawasan yang berharga.

Layanan AI pertama Singtel akan meluncur di Singapura pada akhir tahun ini, dengan pusat data masa depan yang sedang dibangun di Indonesia dan Thailand. Dari hubnya di Singapura, perusahaan ini beroperasi dari Australia hingga India.

Mesin AI Terpercaya