Semangat Guru, program HP untuk pendidik di Indonesia

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 31 Mei 2021 16:21 WIB

HP Indonesia hari ini meluncurkan dua inisiatif khusus untuk masa depan pendidikan di Indonesia, yaitu Semangat Guru dan HP Life dalam Bahasa Indonesia.

Kemajuan pendidikan di Indonesia dewasa ini tidak lepas dari peran industri teknologi yang terus berkembang membantu banyak program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Baru-baru ini HP Indonesia juga turut mendukung program Guru Belajar dan Berbagi oleh pemerintah, dengan menggagas inisiatif baru, disebut Semangat Guru dan HP Life.

“Kami hari ini ingin mengumumkan dua inisiatif khusus, yaitu Semangat Guru Virtual Learning Series dan HP Life yang kini hadir dalam Bahasa Indonesia,” kata Managing Director HP Indonesia Fiona Lee. “(Semangat Guru) Diciptakan untuk mendukung guru-guru Indonesia dalam mengadakan pembelajaran blended learning yang efektif melalui platform Guru Belajar dan Berbagi milik Kemendikbud Ristek.”

Semangat Guru berupa seri pembelajaran virtual yang dapat menampung 1.000 hingga 5.000 pengajar dalam setiap kelas virtual. Program ini juga akan menayangkan 6 episode pembelajaran yang akan diunggah ke sistem LMS Kemendikbud Ristek.

Menurut Frans Adiredja, Business Personal System Category Head HP Indonesia, kelas akan dimulai pada bulan Juni, bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Kelas akan dipandu oleh para pembicara ahli, termasuk Direktur Jenderal Guru & Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Iwan Syahril, Ph.D.

Masih di sektor pendidikan, HP juga meluncurkan modul HP Life dalam bahasa Indonesia, yang berasal dari program pelatihan global untuk wiraswasta pemula atau pelaku UKM di Indonesia. Para peserta akan bergabung dengan ratusan peserta dari seluruh dunia, untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam dunia kerja.