Selamat ulang tahun ke-5, Apple Watch!

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 26 Apr 2020 09:44 WIB

Selama 5 tahun terakhir, Apple telah mengembangkan produk Apple Watch mereka sehingga dicintai oleh para penggemar teknologi.

Apple Watch (Pixabay)

Lima tahun sudah semenjak Apple memperkenalkan perangkat wearable pertama mereka, yakni Apple Watch. Perangkat ini pertama kali diluncurkan pada 24 Maret 2015 dan menyita banyak perhatian penggemar teknologi.

Tapi, tanggal tersebut bukanlah tanggal pertama kali perangkat tersebut diperkenalkan. Apple pertama kali memamerkan perangkat tersebut pada 9 September 2014, selama acara media mengungkapkan iPhone 6 dan 6 Plus. 

Acara tersebut berlangsung di The Flint Center for Performing Arts di Cupertino, California. Di situlah Jobs debut Mac pertama pada tahun 1984 dan Bondi Blue iMac G3 pada tahun 1998. Meski spesial, namun beberapa pesaing mereka, seperti Samsung telah memperkenalkan perangkat smartwatch mereka, yakni Galaxy Wear pada 2013.

Meski bukan yang pertama kali memperkenalkan smartwatch ke pasaran, namun tetap saja ada satu atau dua hal yang membuat Apple Watch berbeda dengan perangkat lain. Saya sebagai pengguna Android pun sempat tertarik untuk membeli perangkat tersebut.

Yang membuat perangkat ini sangat spesial adalah dikarenakan Apple Watch merupakan salah satu perangkat yang dikembangkan tanpa campur tangan Steve Jobs. Seperti diketahui, Jobs meninggal pada 5 Oktober 2011.