Samsung susul Apple di pasar smartwatch

Oleh: Lely Maulida - Senin, 06 Mei 2019 12:11 WIB

Posisi kedua diraih Samsung dengan kontribusi pengiriman 11,1% dari total pengiriman smartwatch ke seluruh dunia.

(Foto: Engadget)

Pasar smartwatch terus didominasi oleh Apple. Kini Apple watch mewakili 35,8% dari total jam tangan pintar yang dikirimkan ke seluruh dunia hingga kuartal pertama 2019. Jumlah itu meningkat 0,3% dibanding 2018. 

Posisi kedua diraih Samsung dengan kontribusi pengiriman 11,1% dari total pengiriman smartwatch ke seluruh dunia. Jumlah tersebut meningkat 7,2% dibanding tahun lalu. Pencapaian ini juga membuat Samsung mampu melampaui perusahaan perangkat wearable China seperti Imoo yang turun 12,8% menjadi 9,2%.

"Samsung tumbuh secara eksponensial pada 127% YoY karena pangsa pasar merek Korea melonjak menjadi 11% pada Q1 2019," kata analis senior Counterpoint Sujeong Lim. "Keberhasilannya adalah karena seri smartwatch Galaxy terbaru yang hadir dengan daya tahan baterai lebih baik serta desain jam yang tradisional."

Jumlah pengiriman yang besar lainnya merupakan akumulasi berbagai merek, dengan persentase pengiriman 27,9%. Garmin sendiri justru menyusut dibanding kuartal pertama 2018, dengan total pengiriman pada Q1 2019 sejumlah 1,5%. Di periode yang sama tahun lalu, Garmin memberikan kontribusi pengiriman global sebesar 1,9%.

Fossil dan Amazfit juga mengalami penurunan masing-masing menjadi 2,5% dan 3,7%. Yang menarik adalah Huawei dan Fitbit yang mendapati peningkatan kuat, masing-masing menjadi 2,8% dan 5,5%.