Samsung sebut GPU AMD mobile akan hadir pada 2021

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 06 Agst 2019 08:36 WIB

Kedua perusahaan, baik AMD dan Samsung sangat menantikan hasil kolaborasi mereka dalam mengembangkan GPU untuk ranah mobile.

Ilustrasi Prosesor Exynos (Wccftech)

Beberapa bulan lalu, Samsung dan AMD telah melakukan kontrak kerjasama dalam bidang pemrosesan grafis. Keduanya saat ini sedang mengembangkan sebuah GPU untuk disematkan dalam prosesor mobile milik Samsung.

Dalam sebuah pernyataan terbaru, Samsung menyatakan harapan mereka agar GPU AMD akan hadir di prosesor mereka dalam waktu dekat ini. Mereka berharap, pengembangannya akan bisa diluncurkan 2021 mendatang.

“Untuk menjawab pertanyaan Anda tentang kemitraan dengan AMD, seperti yang Anda ketahui, AMD telah menjadi pemimpin terutama di bidang GPU sejak awal pasar PC dan merupakan salah satu pemimpin dalam hal teknologi. Kami berpikir dengan kemitraan ini, kami akan dapat meningkatkan daya saing GPU AMD untuk meningkatkan kinerja tidak hanya SOC seluler kami, tetapi juga dalam aplikasi lain,” kata perwakilan Samsung, seperti dikutip dari laman Wccftech (6/8/2019).

“Tetapi mengingat waktu yang biasanya diperlukan untuk mengembangkan teknologi IT, kami berharap teknologi GPU akan mulai diadopsi dalam produk yang akan diluncurkan paling cepat dua tahun ke depan.”

Sementara kedua perusahaan tersebut akan mengembangkan GPU mereka sendiri, perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan terus menggunakan prosesor Mali ARM untuk prosesor mereka.