Samsung punya chipset VRAM GDDR6X baru super kencang

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 15 Des 2021 15:04 WIB

Dalam sebuah bocoran terbaru, Samsung berhasil menciptakan chipset SGRAM GDRR6X dengan kecepatan hingga 24Gbps.

Samsung diam-diam mulai melakukan pengetesan untuk chipset memory grafis generasi selanjutnya. Mereka diketahui saat ini sudah melakukan pengetesan kecepatan chipset memory dari SGRAM GDDR6X. 

Chipset ini dikabarkan akan memiliki kecepatan yang cukup jauh lebih tinggi dibandingkan dengan GDRR6. Untuk kali ini, sampel yang mereka gunakan adalah model 16Gb dan beroperasi pada kecepatan transfer data 20 Gbps dan 24 Gbps. 

Mereka menggunakan chipset memory K4ZAF325BC-SC20 dan K4ZAF325BC-SC2. Kode ini sudah tercantum di katalog produk Samsung, jadi apa yang mereka tes bukanlah chipset engineering sample.

Dilansir dari Tom’s Hardware (15/12) bahwa chip Samsung GDDR6 SGRAM 16Gb 20 Gbps dan 24 Gbps akan hadir dalam paket FBGA 180-pin. Chip ini kompatibel dengan kartu grafis yang tersedia saat ini, yang akan berjalan dengan software dan pengontrol baru.

Hal ini mengejutkan banyak pihak karena sebelumnya NVIDIA pernah berkata bahwa GDDR6 tidak akan dapat memiliki kecepatan diatas 19,5 Gbps. Dan Samsung dapat melalui pernyataan tersebut dengan menggandeng Micron untuk membuat chipset baru.

Tag