sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 15 Des 2021 15:04 WIB

Samsung punya chipset VRAM GDDR6X baru super kencang

Dalam sebuah bocoran terbaru, Samsung berhasil menciptakan chipset SGRAM GDRR6X dengan kecepatan hingga 24Gbps.

Samsung punya chipset VRAM GDDR6X baru super kencang

Samsung diam-diam mulai melakukan pengetesan untuk chipset memory grafis generasi selanjutnya. Mereka diketahui saat ini sudah melakukan pengetesan kecepatan chipset memory dari SGRAM GDDR6X. 

Chipset ini dikabarkan akan memiliki kecepatan yang cukup jauh lebih tinggi dibandingkan dengan GDRR6. Untuk kali ini, sampel yang mereka gunakan adalah model 16Gb dan beroperasi pada kecepatan transfer data 20 Gbps dan 24 Gbps. 

Mereka menggunakan chipset memory K4ZAF325BC-SC20 dan K4ZAF325BC-SC2. Kode ini sudah tercantum di katalog produk Samsung, jadi apa yang mereka tes bukanlah chipset engineering sample.

Dilansir dari Tom’s Hardware (15/12) bahwa chip Samsung GDDR6 SGRAM 16Gb 20 Gbps dan 24 Gbps akan hadir dalam paket FBGA 180-pin. Chip ini kompatibel dengan kartu grafis yang tersedia saat ini, yang akan berjalan dengan software dan pengontrol baru.

Hal ini mengejutkan banyak pihak karena sebelumnya NVIDIA pernah berkata bahwa GDDR6 tidak akan dapat memiliki kecepatan diatas 19,5 Gbps. Dan Samsung dapat melalui pernyataan tersebut dengan menggandeng Micron untuk membuat chipset baru.

Chip SGRAM tersebut dapat menyediakan bandwidth hingga 768 GBps melalui bus 256-bit. Ini sangat kontras jika dibandingkan dengan AMD Radeon RX 6900 XT yang memiliki bandwidth 512 GBps.

Tapi, masih belum diketahui chipset GPU mana saja yang benar-benar dapat memaksimalkan potensi SGRAM GDDR6X ini. NVIDIA disebut masih akan menggunakan chip memori grafis yang mereka pakai saat ini.

Oleh karena itu, AMD diharapkan akan menggunakan SGRAM GDDR6X dengan kecepatan tinggi ini di GPU yang menggunakan arsitektur RDNA 3. Sayang, hingga saat ini masih belum ada pernyataan resmi dari pihak NVIDIA terkait dengan kehadiran chipset VRAM baru ini.

Tag
Share
×
tekid
back to top