Samsung mulai produksi SSD 1TB untuk konsumen

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 08 Agst 2018 09:26 WIB

Samsung mengumumkan SSD berkapasitas tinggi yang mulai diproduksi secara massal untuk pengguna mainstream

Samsung mengumumkan SSD berkapasitas tinggi yang mulai diproduksi secara massal. Disebut QLC 4-bit, perangkat ini merupakan SSD pertama untuk konsumen yang bisa memiliki kapasitas tinggi serta harga yang lebih murah.

"SSD SATA 4-bit terbaru dari Samsung akan menjadi langkah besar kehadiran SSD berkapasitas terabyte bagi konsumen. Seiring kami memperluas jajaran produk kami di segmen konsumen dan perusahaan, terabyte-SSD 4-bit akan menyebar dengan cepat ke seluruh pasar,” kata Jaesoo Han, Executive VP of Memory Sales and Marketing di Samsung.

Media penyimpanan eksternal Samsung ini didasarkan pada V-NAND 64-layer perusahaan seperti yang digunakan dalam flash TCL-nya, yang menyimpan tiga bit per cell. Dengan peningkatan cell itu, kinerja dan kecepatan SSD ini diperkirakan akan berkurang.

Namun demikian Samsung menyebut QLC SSD 4-bit mendatang menawarkan kinerja yang sama dengan SSD 3-bit. Hal ini menjadi mungkin dengan menggunakan controller SSD 3-bit dan teknologi TurboWrite.

Samsung menyatakan SSD 4-bit ini memiliki kecepatan baca 540MB per detik dan kecepatan tulis 520MB per detik. Sayangnya raksasa teknologi itu tak menyebutkan kecepatan baca dan tulis secara acak (random write/read speed) atau ketahanan perangkat itu.

Tag