Samsung minta pelanggan hancurkan SSD sebelum dikembalikan

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 24 Agst 2022 12:05 WIB

Samsung Germany meminta pemilik 980 Pro SSD menghancurkan SSD tersebut dengan bor atau palu sebelum mengembalikannya untuk RMA.

SSD atau Solid State Drive adalah perangkat penyimpanan yang digunakan pada komputer atau laptop saat ini. Untuk itu, SSD menjadi sensitif ketika harus dipindahtangankan, karena menampung banyak data pengguna.

Proses pengembalian SSD, misal dalam Return Merchandise Authorization (RMA), akan menjadi sangat rumit, sebab keamanan data dipertaruhkan. Dalam hal ini, Samsung Germany memiliki kebijakan yang tidak biasa untuk menjamin keamanan data pengguna.

Dilansir dari Techspot (24/8), seorang pengguna dari Igor's Lab menemukan kebijakan RMA yang agak tidak konvensional saat akan mengembalikan Samsung 980 Pro SSD miliknya. Samsung Germany meminta pengguna ini untuk menghancurkan SSD tersebut dengan bor atau palu sebelum mengembalikannya untuk RMA.

Igor's Lab merinci, seperti pada umumnya, RMA dimulai dengan memberikan informasi yang diperlukan seperti nomor seri, bukti kerusakan, dan langkah pemecahan maslah. Pemindaian diagnostik pada Samsung Magician mengungkapkan drive rusak dengan beberapa kesalahan pada flash NAND.

Pada tahap selanjutnya, pemilik dan Samsung melakukan pembicaraan melalui telepon. Intinya, SSD tidak bisa dikembalikan seutuhnya karena satu dan lain hal - kemungkinan terdapat data sensitif di dalamnya. 

Tag