sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Rabu, 24 Agst 2022 12:05 WIB

Samsung minta pelanggan hancurkan SSD sebelum dikembalikan

Samsung Germany meminta pemilik 980 Pro SSD menghancurkan SSD tersebut dengan bor atau palu sebelum mengembalikannya untuk RMA.

Samsung minta pelanggan hancurkan SSD sebelum dikembalikan

SSD atau Solid State Drive adalah perangkat penyimpanan yang digunakan pada komputer atau laptop saat ini. Untuk itu, SSD menjadi sensitif ketika harus dipindahtangankan, karena menampung banyak data pengguna.

Proses pengembalian SSD, misal dalam Return Merchandise Authorization (RMA), akan menjadi sangat rumit, sebab keamanan data dipertaruhkan. Dalam hal ini, Samsung Germany memiliki kebijakan yang tidak biasa untuk menjamin keamanan data pengguna.

Dilansir dari Techspot (24/8), seorang pengguna dari Igor's Lab menemukan kebijakan RMA yang agak tidak konvensional saat akan mengembalikan Samsung 980 Pro SSD miliknya. Samsung Germany meminta pengguna ini untuk menghancurkan SSD tersebut dengan bor atau palu sebelum mengembalikannya untuk RMA.

Igor's Lab merinci, seperti pada umumnya, RMA dimulai dengan memberikan informasi yang diperlukan seperti nomor seri, bukti kerusakan, dan langkah pemecahan maslah. Pemindaian diagnostik pada Samsung Magician mengungkapkan drive rusak dengan beberapa kesalahan pada flash NAND.

Pada tahap selanjutnya, pemilik dan Samsung melakukan pembicaraan melalui telepon. Intinya, SSD tidak bisa dikembalikan seutuhnya karena satu dan lain hal - kemungkinan terdapat data sensitif di dalamnya. 

Untuk itu, pelanggan diminta untuk "mengebor lubang di SSD atau menghancurkannya dengan  palu", sambil mengirimkan bukti foto atau video dari tindakan tersebut. Tujuannya adalah untuk membuat SSD secara fisik tidak bisa diakses datanya, sehingga memastikan perlindungan data yang lengkap.

Igor's Labs dengan senang hati menyetujui dan menghancurkan 980 Pro dengan gerinda. Dalam video YouTube yang diunggah saluran tersebut, menunjukkan lapisan NAND individu dihancurkan. Semua data dihancurkan, memastikan ketenangan pikiran bagi pelanggan. Drive kemudian dikirim kembali ke Samsung, dan pemilik menunggu SSD barunya datang.

Tag
Share
×
tekid
back to top