Samsung diprediksi hadirkan HDR10+ untuk gaming

Oleh: Erlanmart - Rabu, 02 Jun 2021 09:05 WIB

Jika kabar ini benar, HDR10+ untuk keperluan gaming dapat menghadirkan kontras yang lebih baik dan warna lebih cerah untuk judul gim favorit kamu.

Berdasarkan informasi dari blog asal Jerman melalui HDTVtest, kemungkinan Samsung bakal menghadirkan dukungan format HDR10+ untuk gaming. Informasi ini mengklaim bahwa para eksekutif Samsung bekerja dengan “berbagai studio yang tidak disebutkan namanya” untuk menyiapkan pasokan gim HDR10+ yang layak.

Format HDR10+ dikembangkan oleh Samsung dan merupakan pesaing Dolby Vision. Seperti Dolby Vision, HDR10+ mengacu kepada penambahan metadata dinamis ke sinyal HDR untuk memberikan lebih banyak detail. Tidak seperti Dolby Vision, perusahaan tidak perlu membayar biaya untuk melisensikan HDR10+.

Dilansir dari What Hifi (6/2), laporan tersebut tidak mengungkapkan apakah Samsung berencana untuk membawa teknologi ini ke konsol gim atau menyediakannya untuk perangkat mobile seperti HDR1+ yang mendukung Samsung Galaxy S21.

Meski demikian, penting untuk dicatat bahwa Dolby Vision seharusnya eksklusif untuk Xbox Series X dan S selama dua tahun ke depan. Jadi, kemungkinan Samsung bekerja dama dengan Sony untuk menghadirkan judul gim yang mendukung HDR10+ ke PS5.

Konsol gim Microsoft Xbox Series X dan Xbox Series S telah mendukung Dolby Atmos sejak diluncurkan, dengan dukungan Dolby Vision diperkirakan hadir akhir tahun ini. Microsoft baru-baru ini mengumumkan program pengujian Dolby Vision HDR untuk anggota Alpha Ring sebelum “ketersediaan umum”.