Qualcomm Snapdragon 660 VS MediaTek Helio P70, pilih mana?

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 10 Des 2018 19:40 WIB

Di atas kertas, MediaTek Helio P70 dan Qualcomm Snapdragon 660 memiliki kemampuan yang sama. Lalu, siapa yang harus dipilih?

Ilustrasi Prosesor Mobile (Qualcomm)

Persaingan antara Qualcomm dan MediaTek kembali memanas. Setelah beberapa tahun terakhir MediaTek sedikit tertinggal, kini kemampuan prosesor mereka, terlebih di lini mid-range, semakin dekat.

Kedua prosesor yang dimaksud adalah Snapdragon 660 dan Helio P70. Kedua prosesor tersebut saat ini bisa disebut sebagai prosesor ‘monster’ di kelasnya.

Untuk Snapdragon 660, kita sudah bisa menemukannya di beberapa smartphone, seperti Xiaomi Mi 8 Lite serta Asus ZenFone Max Pro M2 yang akan meluncur beberapa waktu lagi. Sementara, Helio P70 sudah dapat ditemukan di perangkat Realme U1.

Di atas kertas, kedua prosesor ini memiliki kemampuan yang bisa dibilang cukup identik. Droid Holic (10/12) menjelaskan, kedua prosesor ini memiliki total 8 inti dengan kecepatan hingga di atas 2GHz. Selain itu, keduanya juga sudah memiliki teknologi Bluetooth 5.0.

Perbedaan keduanya dimulai dari teknologi fabrikasi. Jika Snapdragon 660 masih menggunakan proses fabrikasi 14nm, Helio P70 unggul dengan teknologi fabrikasi terbaru, yakni 12nm.