Qualcomm kembangkan Snapdragon 7cx, prosesor laptop yang irit daya

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 12 Jun 2019 12:20 WIB

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui Qualcomm akan menjadikan lini prosesor mana yang akan menjadi dasar Snapdragon 7cx.

Snapdragon 7cx

Selama beberapa tahun terakhir, Qualcomm semakin gencar untuk membuat chipset untuk disematkan pada sebuah PC atau laptop. Mereka pun memulai dengan meluncurkan prosesor Snapdragon 8cx, yang mereka luncurkan tahun lalu.

Sayang, hingga saat ini belum ada realisasi mengenai penggunaan prosesor tersebut di sebuah PC atau laptop. Namun, hal tersebut tidak menghentikan mereka dalam mengembangkan prosesor untuk PC lainnya.

Belakangan ini, diketahui mereka sedang mengerjakan prosesor ‘budget’ yang bernama Snapdragon 7cx, seperti lapor Wccftech (12/6/2019). Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui apakah prosesor ini akan didasarkan pada prosesor mobile dari seri yang mana.

Meskipun Intel adalah salah satu pemimpin di pasar chipset, namun Qualcomm memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya. Ditambah lagi mereka mengkombinasikannya dengan platform Opteron.

Chipset mereka dapat menyediakan waktu siaga yang sebanding dengan yang ditawarkan oleh smartphone. Saat ini, perusahaan tersebut tampaknya bekerja dengan pengembang perangkat lunak, termasuk dengan Microsoft, untuk mengoptimalkan kinerja chipset yang lebih murah.