Qualcomm kembangkan Snapdragon 7cx, prosesor laptop yang irit daya

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui Qualcomm akan menjadikan lini prosesor mana yang akan menjadi dasar Snapdragon 7cx.

Qualcomm kembangkan Snapdragon 7cx, prosesor laptop yang irit daya Snapdragon 7cx

Selama beberapa tahun terakhir, Qualcomm semakin gencar untuk membuat chipset untuk disematkan pada sebuah PC atau laptop. Mereka pun memulai dengan meluncurkan prosesor Snapdragon 8cx, yang mereka luncurkan tahun lalu.

Sayang, hingga saat ini belum ada realisasi mengenai penggunaan prosesor tersebut di sebuah PC atau laptop. Namun, hal tersebut tidak menghentikan mereka dalam mengembangkan prosesor untuk PC lainnya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

AMD siapkan prosesor Athlon Gold, pesaing Intel Pentium Gold

AMD Ryzen 9 3950X kalahkan skor Intel Xeon W-3175X

APU Renoir AMD akan hancurkan Nvidia MX dan Intel Iris


Belakangan ini, diketahui mereka sedang mengerjakan prosesor ‘budget’ yang bernama Snapdragon 7cx, seperti lapor Wccftech (12/6/2019). Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui apakah prosesor ini akan didasarkan pada prosesor mobile dari seri yang mana.

Meskipun Intel adalah salah satu pemimpin di pasar chipset, namun Qualcomm memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya. Ditambah lagi mereka mengkombinasikannya dengan platform Opteron.

Chipset mereka dapat menyediakan waktu siaga yang sebanding dengan yang ditawarkan oleh smartphone. Saat ini, perusahaan tersebut tampaknya bekerja dengan pengembang perangkat lunak, termasuk dengan Microsoft, untuk mengoptimalkan kinerja chipset yang lebih murah.

Sayangnya, belum diumumkan kapan notebook dengan prosesor Snapdragon 7cx akan memasuki pasaran. Tapi, dapat diasumsikan bahwa Snapdragon 7cx kemungkinan besar akan hadir di notebook Windows dalam kisaran harga USD300 hingga USD800, atau sekira Rp4,3 juta hingga Rp11,5 juta.

Di sisi lain, PC pertama dengan Snapdragon 8cx diharapkan akan dirilis menjelang akhir tahun 2019. Pemilihan waktu ini sangat tepat, karena musim liburan akan dimulai. Laptop ini akan menjadi penantang laptop dengan prosesor Intel Core i5 dan menawarkan masa pakai baterai dua kali lipat.

Jika Snapdragon 8cx dimaksudkan untuk bersaing dengan Core i5, maka mungkin Snapdragon 7cx mungkin akan dapat melawan performa Intel  Core i3. Namun, jika 7cx ternyata lebih ramah anggaran dan hemat daya, Intel akan memiliki alasan untuk khawatir.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: