Qualcomm dan ZTE berhasil uji coba telepon gunakan VoNR

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 07 Jan 2020 14:08 WIB

Qualcomm dan ZTE berhasil melakukan panggilan suara gunakan Voice over New Radio (VoNR) yang didasarkan dari 5G New Radio (5G NR).

Qualcomm dan ZTE baru-baru ini mengumumkan kerjasama mereka untuk mengembangkan teknologi 5G. Keduanya telah berhasil melakukan panggilan suara menggunakan jaringan 5G melalui teknologi 5G New Radio (5G NR).

Dalam siaran pers yang diterima tim Tek.id (7/1/2020), panggilan ini dilakukan sesuai dengan standar 3GPP Release 15 melalui spektrum 2,5 GHz (n41) dengan menggunakan base station 5G NR milik ZTE dan perangkat tes berupa ponsel pintar 5G yang didukung oleh Qualcomm SnapdragonTM 5G Modem-RF System.

Seperti diketahui, layanan panggilan suara adalah layanan paling penting bagi operator telekomunikasi. Dan saat dilakukan menggunakan dukungan jaringan 5G, hal itu disebut Voice over New Radio (VoNR).

Kemampuan untuk menggunakan panggilan VoNR menjadi langkah penting di evolusi industri mobile dari standar non-standalone ke standalone, karena itu membuat operator dapat memberikan layanan panggilan berkualitas tinggi tanpa harus mengandalkan voice over LTE (VoLTE) atau jaringan LTE.

Sebelumnya, jaringan komunikasi telepon masih mengandalkan jaringan 2G. Hal ini dikarenakan para operator telekomunikasi di sebagian besar negara tidak menggunakan VoLTE untuk melakukan panggilan suara, termasuk Indonesia. Sekadar informasi, saat ini hanya Smartfren yang menggunakan jaringan VoLTE untuk melakukan panggilan suara.