Intel luncurkan chipset Lakefield untuk laptop lipat super tipis

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 11 Jun 2020 11:35 WIB

Intel secara resmi memperkenalkan Core i5-L16G7 dan Core i3-L13G3 yang menampilkan konfigurasi yang mirip big.LITTLE di prosesor smartphone.

Intel Lakefield

Perkembangan dunia laptop saat ini sudah semakin canggih. Semakin banyak produsen yang percaya diri untuk membuat sebuah perangkat laptop canggih dan meninggalkan form factor tradisional yang sudah diemban selama beberapa tahun ini.

Beberapa perusahaan sudah mulai merancang laptop clamshell super tipis, sebuah tablet PC setipis tablet android atau iOS, bahkan saat ini mereka sudah mulai memiliki sebuah laptop yang dapat dilipat. Untuk itu, mereka memerlukan prosesor yang tepat untuk perangkat-perangkat tersebut.

Untuk menjawab hal tersebut, Intel secara resmi memperkenalkan jajaran prosesor Lakefield terbaru mereka. Prosesor ini menggabungkan chipset Core i3 dan i5 bersama dengan inti Atom "Tremont" berdaya rendah, yang mereka sebut sebagai "prosesor Intel Core dengan teknologi hybrid".

Chipset 10 nm Core i3 dan i5 "Sunny Cove" akan menangani beban kerja yang lebih berat, sementara tugas yang lebih ringan berpindah ke inti Atom. Teknologi ini sudah umum digunakan oleh produsen prosesor smartphone, dan disebut sebagai teknologi big.LITTLE.

Berbeda dengan prosesor berbasis ARM, prosesor ini didasarkan dari prosesor X32. Ini berarti, Lakefield akan dapat menjalankan semua software yang dirancang untuk berjalan di Windows 32-bit dan 64-bit.