Perselisihan Epic dan Apple makin meluas

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 01 Jul 2021 13:04 WIB

Dalam persidangan antara Epic Games dan Apple, masalah yang terjadi malah meluas ke pengembang lain di App Store.

Perselisihan antara Epic Games dengan Apple merupakan salah satu topik yang menarik perhatian. Sebab, dari perselisihan ini terlihat bahwa Apple seakan menguasai para pengembang aplikasi di bawah naungan Apple Store.

Dalam persidangan terbaru antara keduanya  menimbulkan banyak pertanyaan. Salah satu yang penasaran adalah Hakim Yvonne Gonzales Rogers, dimana dalam persidangan mengajukan beberapa pertanyaan tajam kepada Tim Cook tentang hubungan Apple dengan pengembangnya. 

Yvonne berkata, mengutip survei internal pengembang, dia mencatat 39 persen dari mereka menunjukkan tidak senang dengan distribusi App Store. Cook tampaknya terperangah dengan pertanyaan itu. 

Dia mengatakan Apple telah menolak banyak aplikasi dan "gesekan", dimana bisa menjadi hal yang baik bagi pengguna. Yvonne menjawab dengan tegas, menyebut Cook tidak merasakan tekanan atau persaingan untuk mengubah cara dia bertindak dalam mengatasi masalah pengembang.

Engadget (1/7) mengatakan, pertanyaan tersebut seolah-olah membuat antimonopoli Epic Games terhadap Apple lebih ke pengembang aplikasi Apple dengan perusahaan tersebut. Tentu saja, ini bukan perkara mudah.