Peretas bisa serang iOS dan MacOS lewat kode CSS

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 17 Sep 2018 08:44 WIB

Serangan simpel ini dapat membuat perangkat iOS melakukan restart dan para pengguna MacOS merasakan pelambatan perangkat yang signifikan.

Apple sering kali menyebut jika sistem operasi mereka, iOS dan MacOS sebagai sistem operasi paling aman. Mereka yakin, jika sistem operasi yang terus mereka perbarui akan menangkal serangan para peretas ke perangkat mereka.

Namun, dalam sebuah lampiran terbaru, ditemukan sebuah kode CSS dan HTML sederhana ternyata dapat menyebabkan perangkat Mac membeku dan iPhone memulai ulang jika perangkat mengunjungi halaman web terstentu.

Yang unik, kode ini tidak memengaruhi pengguna Windows dan Linux. Hal ini tentunya menjadi sebuah perhatian khusus bagi para pengguna dengan perangkat iOS dan macOS.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh Sabri Haddouche yang merupakan peneliti keamanan di Port. Ia menemukan celah keamanan ini saat melakukan pengembang aplikasi pesan terenkripsi.

Dalam pernyataannya yang dikutip dari Ubergizmo, ia mengatakan "Serangan ini menggunakan kelemahan pada properti CSS -webkit-backdrop-filter," katanya.