Peretas kini cenderung serang industri otomotif, minyak dan gas

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 15 Jun 2021 13:02 WIB

Sepanjang 2021 ini akan terjadi pergeseran tren dari penyerangan ke perangkat pribadi seperti smartphone, laptop, dan lainnya ke tingkat Industrial Control System (ICS).

Di zaman yang serba digital ini, serangan siber memang merupakan sebuah hal yang harus sangat diperhatikan. Bukan hanya para pengguna komputer atau laptop di rumah, namun serangan peretas saat ini sudah mencapai tingkat Industrial Control System (ICS).

Tapi pertanyaannya, bagaimana tren serangan siber sepanjang 2021 ini? Ternyata, para peneliti keamanan di Kaspersky sudah memiliki perkiraan bagaimana tren serangan siber yang akan terjadi di 2021 ini.

Territory Manager Untuk Indonesia di Kaspersky, Dony Koesmandarin mengatakan, untuk tren serangan siber di 2021 ini, akan ada sedikit pergeseran. Jika sebelumnya para peretas lebih mengarah ke perangkat komputer, laptop, dan smartphone pengguna individu, tahun ini akan mengalami pergeseran.

“Pada 2021 ini, kami melihat adanya pergeseran tren serangan siber di Indonesia. Kami melihat di tahun 2021 ini, serangan akan terkonsentrasi di Industrial Control System (ICS),” kata Dony saat menggelar acara secara daring, Selasa (15/6).

“Kita melihat pada 2019, sebelum pandemi, serangan ke ICS tidak terlalu tinggi. Namun, setelah pandemi berlangsung, di pertengahan 2020, ternyata serangan ke ICS mengalami peningkatan secara drastis.”