Peretas asal Arab bobol smartphone bos Amazon

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 01 Apr 2019 13:01 WIB

Namun hingga saat ini masih belum diketahui data apa saja yang diambil oleh sang peretas, selain pesan singkat yang ada di perangkat tersebut.

Jeff Bezos (Flickr - Steve Jurveston)

Bos Amazon, Jeff Bezos dikabarkan menjadi korban peretasan. Bukan hanya akun pribadi miliknya, namun smartphone pribadi yang digunakannya sehari-hari dikabarkan telah diretas yang menyebabkan pesan singkat di perangkatnya bocor.

Hal ini bermula pada saat dirinya melihat ada pesan pribadi miliknya yang terbit di sebuah tabloid. Hal ini membuat dirinya langsung curiga bahwa smartphone yang dipegang olehnya telah diretas seseorang.

Dia pun kemudian menyewa forensik digital bernama Gavin de Becker. Setelah beberapa waktu dia menyelidiki kejadian tersebut, dia pun menemukan pelaku dibalik kasus peretasan tersebut.

Cnet (1/4/2019) melaporkan, peretas yang berhasil membobol smartphone Bezos adalah peretas dari Arab yang melakukan penyelidikan terkait dengan pembunuhan Jamal Khashoggi, seorang wartawan Saudi yang menulis untuk The Washington Post. Sekadar informasi, Bezos saat ini merupakan pemilik The Post.

"Penyelidik kami dan beberapa ahli menyimpulkan dengan keyakinan tinggi bahwa Saudi memiliki akses ke telepon Bezos, dan memperoleh informasi pribadi," tulis de Becker. Dia mengatakan dia telah memberikan hasil temuannya kepada pihak otoritas Amerika.