Sama-sama digunakan untuk mengukur jarak objek, apa perbedaan Lidar dan Radar?

Oleh: Erlanmart - Jumat, 12 Apr 2024 11:02 WIB

Radar dan Lidar keduanya digunakan untuk mendeteksi objek dan mengukur jarak, tetapi mereka melakukannya dengan cara yang berbeda dan memiliki kekuatan serta keterbatasan yang unik.

Source: Denso

Lidar dan Radar adalah dua teknologi yang telah menjadi penting untuk berbagai aplikasi, mulai dari mobil otonom hingga pemantauan cuaca. Kedua teknologi ini berbagi prinsip umum: pendeteksian jarak jauh aktif terhadap lingkungan dengan mengirimkan sinyal dan menganalisis pantulan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Lidar, yang menggunakan gelombang cahaya, dan Radar, yang menggunakan gelombang radio, telah muncul sebagai teknologi terdepan untuk deteksi objek dan pemetaan. Berikut adalah perbedaan Lidar dan Radar yang bersumber dari eos.com:

Cara Kerja Lidar

Lidar, singkatan dari “light detection and ranging”, adalah teknologi geospasial yang bekerja dengan mengirimkan gelombang cahaya yang terfokus dan mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memantul dari suatu rintangan. Ketika sinar laser menemui objek seperti pohon atau bangunan, sebagian cahaya dipantulkan kembali ke sensor. Dengan menghitung waktu yang tepat untuk setiap pulsa laser kembali, sistem dapat menghitung jarak ke setiap titik pantulan.

Cara Kerja Radar