Perangi corona, Tokopedia dan Blibli ambil langkah ini

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Kamis, 19 Mar 2020 12:13 WIB

Dalam memerangi virus corona atau COVID-19 yang telah menyebar di berbagai negara, Tokopedia dan Blibli melakukan langkah-langkah ini.

Source: Tokopedia

Tokopedia telah mewajibkan seluruh karyawannya untuk bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan untuk memastikan masyarakat dapat mengakses layanan Tokopedia seperti biasa dan sekaligus menghentikan laju penyebaran corona atau COVID-19. Nuraini Razak sebagai VP of Corporate Communications Tokopedia, menjelaskan bahwa Tokopedia juga melakukan upaya lain dalam meredam pandemi ini. Termasuk melibatkan seluruh stakeholder, baik penjual maupun pembeli, lembaga kemanusiaan hingga masyarakat secara umum.

"Selain memberikan Bebas Ongkir agar mendorong masyarakat disiplin tidak keluar rumah dalam memenuhi kebutuhan harian, Tokopedia juga memotong biaya layanan 100% untuk penjual di kategori produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain," kata Nuraini.

Selain lewat edukasi, langkah ini dinilai dapat mendorong penjual menjaga ketersediaan produk, dan menjaga harga tetap stabil. Mengingat belanja online dapat menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai, sekaligus mendorong bisnis lokal terus beroperasi secara online

Data internal Tokopedia juga menunjukkan terdapat kenaikan transaksi di produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain, semenjak COVID-19 muncul di Indonesia. Diketahui produk yang paling banyak dicari, yakni berbagai jenis masker mulut, cairan antiseptik atau hand sanitizer, hingga camilan sehat.

Tak hanya itu, Tokopedia juga menghadirkan kampanye Peduli Sehat dan Lengkapi Persediaan Rumah serta menyalurkan lebih dari ribuan paket makanan ringan untuk anak-anak kurang mampu yang harus belajar dari rumah. Bahkan perusahaan tengah berdiskusi dengan mitra lembaga kemanusiaan untuk mendistribusikan perlengkapan sanitasi bagi yang membutuhkan.