Tidak bisa tersambung WiFi? Ini penyebabnya

Oleh: Zhafira Chlistina - Sabtu, 06 Nov 2021 11:26 WIB

Terdapat banyak faktor mengapa smartphone atau tablet tidak bisa menyambung WiFi. Mulai dari masalah dari sinyal itu sendiri atau perangkat yang digunakan.

Dari semua masalah yang kita alami dengan smartphone, tidak bisa menyambungkan ke WiFi mungkin adalah salah satu yang paling membuat frustasi. Internet seperti asupan bagi smartphone atau tablet yang harus dimiliki tidak peduli kapan atau di manapun itu.

Terdapat banyak faktor mengapa smartphone atau tablet tidak bisa menyambung WiFi. Mulai dari masalah dari sinyal itu sendiri atau perangkat yang digunakan. Bagi Sahabat Tek yang sering mengalami ini, simak artikel di bawah untuk mengetahui alasan dan solusinya. 

  • Periksa kembali kredensial

Untuk tersambung ke WiFi tertentu, Anda harus memasukkan kata sandi dengan benar. Tidak hanya huruf demi huruf atau angka demi angka, tapi juga hal-hal detail seperti penggunaan caps lock. Sebab, kesalahan kecil seperti ini merupakan penyebab umum mengapa WiFi tidak mau tersambung.

Pastikan Anda mengetik setiap karakter dengan benar. Anda juga bisa mengklik ikon mata untuk melihat apakah ketikan kata sandi yang Anda masukkan sudah benar. Karena seperti kita ketahui, kata sandi selalu menyensor karakternya dengan simbol bintang-bintang.

  • Pastikan berada dalam jangkauan 

Cakupan WiFi dapat bervariasi karena berbagai alasan, seperti mulai dari seberapa kuat sinyal yang dipancarkan router, hingga ketebalan dinding rumah Anda. Hindari peletakkan router di sudut ruangan atau menutupinya dengan buku atau barang-barang besar, karena akan memengaruhi sinyal yang dipancarkan.