Pengguna kini bisa belanja produk UMKM via chatbot WhatsApp

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 01 Jul 2021 10:52 WIB

Untuk mendorong penjualan UKM, WhatsApp gandeng Kementerian Koperasi dan UKM luncurkan chatbot bertajuk “Pasar JuWAra”.

WhatsApp secara resmi membawa fitur chatbot ke Indonesia. Fitur ini menyasar para penggiat UKM di Indonesia untuk dapat melayani pelanggan lebih mudah dan cepat.

WhatsApp menggandeng UKM Indonesia, dimana menghasilkan direktori “Pasar JuWAra”. Chatbot ini dibuat berdasarkan API WhatsApp untuk mempermudah konsumen dalam berbelanja langsung dari pedagang pasar tradisional terdekat melalui WhatsApp.

Sebenarnya, program “Pasar JuWAra” sudah dimulai sejak April lalu, dimana menyasar penggiat UKM terlebih dahulu. Kini, 1.130 pedagang dari 66 pasar di 25 kota Indonesia telah menjalani pelatihan WhatsApp Business dan mulai berdagang via WhatsApp.

Diselenggarakannya peluncuran chatbot ini dikarenakan pandemi yang masih terjadi. WhatsApp melihat adanya penurunan omzet pedagang pasar tradisional hingga hampir 40%. 
 
“UMKM adalah tulang punggung perekonomian kita, dan salah satu sektor paling terdampak oleh pandemi. Oleh karena itu, kita perlu bekerja sama untuk membantu usaha-usaha ini tetap bertahan dan berkembang, salah satunya dengan program 'Pasar JuWAra' yang diinisiasi oleh WhatsApp dan UKM Indonesia,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (1/7).

“Program ini menciptakan peluang berharga bagi pedagang-pedagang di pasar untuk menjangkau jutaan pengguna WhatsApp di Indonesia.”