Pengalaman bermain gim Assassin’s Creed Odyssey di Stadia

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 20 Mar 2019 10:59 WIB

Meski memiliki latensi yang cukup tinggi, namun bagi para gamer yang ingin bermain gim kasual hal ini bukan menjadi sebuah hambatan besar.

Assassins Creed Odyssey (Ubisoft)

Google selama beberapa hari terakhir ini menjadi buah bibir, terutama oleh para gamer. Pasalnya mereka baru saja meluncurkan layanan streaming gim mereka yang bernama Stadia.

Dalam perkenalannya, pihak Google menyatakan bahwa para gamer dapat melakukan streaming gim di resolusi 4K 60fps. Meski menarik, namun para gamer pun sedikit skeptis mengenai lantensi dari layanan tersebut.

Salah satu orang yang telah mencoba layanan ini, Digital Foundry, mengakui bahwa layanan ini cukup solid. DF menguji gim Assassin’s Creed Odyssey yang berjalan pada 1080p dan 30fps menggunakan WiFi dan koneksi Internet sekitar 200 mbps.

Melansir dari laman Wccftech (20/3), dalam pengujiannya mereka menemukan ada sekitar latensi sebesar 166ms. Jika dihitung lebih lanjut, dia mendapatkan pengurangan 10 frame per sepertiga detik. Ini mengakibatkan jeda setelah tombol ditekan.

Mereka juga melakukan tes "skenario terburuk" dengan mencoba menggunakan koneksi 15 mbps. Mereka menemukan bahwa ada latensi sebesar 188ms. Sebagai perbandingan, latensi stik di Xbox One X sekitar 145 ms sedangkan PC kelas atas memiliki latensi sekitar 79 ms.