Pendapatan XL Axiata meningkat 0,4% di 2018

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 15 Feb 2019 19:15 WIB

Pertumbuhan XL Axiata ini utamanya didorong oleh pendapatan dari layanan data yang meningkat 13% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

(Foto: Lely Maulida/Tek.id)

XL Axiata menutup tahun 2018 dengan pencapaian kinerja positif. Betapa tidak, perusahaan mampu melampaui pencapaian rata-rata industri telekomunikasi Indonesia. Melalui keterangan yang diterima Tek.id, XL Axiata mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 0,4% lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu.

Pertumbuhan XL Axiata ini utamanya didorong oleh pendapatan dari layanan data yang meningkat 13% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY). Peningkatan ini memperbesar kontribusi pendapatan layanan data pada total pendapatan perusahaan menjadi 80% per akhir 2018, meningkat dibanding tahun sebelumnya yaitu 69%.

“Sepanjang 2018 merupakan periode yang berat bagi industri telekomunikasi Indonesia. Kami harus menghadapi penerapan registrasi kartu SIM prabayar dan persaingan harga yang ketat. Namun, XL Axiata berhasil mengungguli para kompetitor dan memperkuat posisi sebagai operator nomor 2 di Indonesia. Hasil ini tidak terlepas dari konsistensi kami dalam menerapkan strategi menempatkan layanan data sebagai fokus utama pengembangan bisnis,” kata CEO & Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.

Dian menjelaskan, pada semester dua monetisasi layanan data XL Axiata menunjukkan hasil signifikan. Oleh karenanya perusahaan akan terus melanjutkan monetisasi data lebih lanjut dengan asumsi kondisi industri tetap kondusif, guna membangun fondasi bisnis yang lebih berkesinambungan dan kuat untuk tahun ini. Meningkatnya pendapatan layanan data turut membantu perusahaan menutup dampak negatif dari menyusutnya pendapatan dari SMS dan voice. 

Operator yang lekat dengan warna biru itu getol berinvestasi untuk meningkatkan transmisi, backhaul, modernisasi jaringan guna mendukung peningkatan lalu lintas data di seluruh jaringannya, memperluas kapasitas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan data.