Pembuat game, Hideo Kojima, tidak paham game sendiri

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 08 Sep 2019 10:13 WIB

Hideo Kojima saat ini sudah mendekati finalisasi gim perdananya, Death Stranding. Namun ia mengatakan bahwa dia tak bisa mengerti gim yang dia buat. Dan ini merupakan pertanda baik baginya.

Death Stranding (Kojima Production)

Hideo Kojima dan timnya di Kojima Productions saat ini tinggal selangkah lagi sebelum siap meluncurkan gim perdana mereka yakni Death Stranding. Para penggemar pun sudah tak sabar menantikan kehadiran gim tersebut di platform PlayStation 4.

Tapi, belakangan ini kabar tidak mengenakkan terdengar. Kojima secara eksentrik menyatakan bahkan dia tidak cukup memahami Death Stranding karena itu adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Death Stranding, bahkan sekarang, saya tidak mengerti permainannya. Tampilan dunianya, gameplay-nya, semuanya baru. Misi saya adalah menciptakan genre yang saat ini tidak ada, dan yang mengejutkan semua orang. Secara alami, ada risiko dalam hal itu,” kata Kojima.

Sang pencipta gim Metal Gear Solid tersebut kemudian menjelaskan bahwa desain game adalah proses holistik baginya yang mencakup semua aspek judul, dari cerita hingga grafik dan suara.

“Sekarang saya punya studio sendiri, tetapi apa yang ingin saya lakukan adalah sama seperti sebelumnya. Saya ingin melakukan monozukuri. Mendesain game adalah hal yang holistik bagi saya,” katanya.

Tag