Pelajari ini dulu sebelum pakai Pesan Sementara di WhatsApp

Oleh: Hieronimus Patardo - Senin, 07 Des 2020 09:38 WIB

Pesan Sementara WhatsApp sudah mulai bisa digunakan sejak bulan lalu. Namun ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum menggunakannya.

Sejak bulan lalu, WhatsApp sudah menghadirkan fitur pesan sementara. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengirim pesan rahasia dan pesan itu akan menghilang secara otomatis pada hari ketujuh. Kendati begitu, perlu kamu ketahui bahwa pesan sementara ini tidak sepenuhnya menghilang dari aplikasi tersebut. 

Ya, beberapa cara dapat saja dilakukan untuk dapat kembali membaca pesan yang sudah hilang tersebut. WhatsApp sendiri mengakui adanya hal tersebut dan mendorong penggunanya untuk hanya menggunakan fitur pesan sementara ini dengan orang yang dipercaya. 

Ada beberapa kondisi dimana pengguna WhatsApp akan tetap dapat melihat pesan sementara itu, sekalipun sudah lewat tenggat waktu tujuh hari yang ditetapkan WhatsApp. Tentu saja, ada beberapa batasan yang berlaku di beberapa kondisinya.     

Untuk dapat mengakses pesan sementara, pengguna hanya perlu membuka ruang pesan dengan pengguna yang diinginkan, kemudian ketuk nama pengguna tersebut untuk melihat menu dibaliknya. Selanjutnya, di atas opsi Enkripsi akan terdapat pilihan untuk mengaktifkan pesan sementara itu. Pesan ini juga bisa digunakan dalam grup, tetapi hanya admin yang bisa mengaktifkannya. 

Dalam laman dukungan WhatsApp, ada beberapa kondisi yang memungkinkan pengguna bisa membaca pesan sementara meski sudah lewat tujuh hari, di antaranya adalah: