Operator telekomunikasi Indonesia mulai lirik layanan digital

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 15 Jul 2019 20:33 WIB

Akibat dari pertumbuhan pengguna smartphone sangat tinggi di Indonesia, para operator telko di Indonesia kini menawarkan layanan digital.

Selular Congress 2019

Indonesia saat ini tercatat menjadi salah satu negara dengan adopsi smartphone tertinggi di Asia Tenggara. Hal ini terbukti dengan membludaknya penggunaan data yang datang dari perangkat mobile.

Saat ini gim, video, dan transaksi mobile merupakan tiga hal yang paling banyak menggunakan data. Hal ini membuat para operator telekomunikasi selular di Indonesia, harus mencari cara untuk meningkatkan pendapatan mereka di pusaran disruptif tersebut.

Telkomsel sebagai salah satu operator telekomunikasi di Indonesia contohnya, memiliki dua layanan digital yang mereka tawarkan untuk para pengguna layanan mereka. Saat ini mereka unggulkan adalah layanan Max Stream dan Dunia Games.

“Ada 3 fakta yang kami lihat. Smartphone saat ini lebih banyak digunakan dari TV,” kata Head of Digital Lifestyle Telkomsel, Crispin P Tristram.

Di sisi lain, XL Axiata memiliki cara lain untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah melalui layanan digital. Mereka pun membentuk Analytics Data Advertising (ADA), yang merupakan perusahaan gabungan bersama Sumitomo.