Nonton video di Youtube, bisa swipe ala Instagram Stories

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 15 Jan 2019 21:03 WIB

Saat Anda menggeser video Youtube untuk maju, maka Anda akan berpindah ke video selanjutnya, seperti Stories di Instagram.

(Foto: TNW)

Youtube memperbarui aplikasi mobile-nya. Pembaruan ini membawa kemudahan bagi pengguna untuk menavigasi video. YouTube sebelumnya mengumumkan akan merilis fitur swipe baru secara horizontal, yang memungkinkan video maju atau mundur. 

Saat Anda menggeser video untuk maju, maka Anda akan berpindah ke video selanjutnya. Sedangkan saat Anda menggeser video untuk kembali, maka Anda akan melihat video terakhir yang Anda tonton. Fungsi ini sama seperti Stories pada Instagram

Dilansir TechCrunch (15/1), perubahan itu dirancang guna memberikan kendali kepada pengguna yang memutar video Youtube via aplikasi mobile. Pasalnya, kini pengguna mayoritas (70%) menonton video Youtube melalui perangkat mobile seperti dalam smartphone.

Tahun lalu, Youtube juga telah menghadirkan beberapa penyesuaian bagi pengguna perangkat mobile. Misalnya penambahan fitur seperti Stories, ada fitur untuk mengontrol durasi menonton, mode gelap, pemutaran video otomatis dan lainnya.

Pada 2017, Youtube juga menambahkan opsi berbagi video dalam aplikasi, serta mulai mendukung berbagai format video. Soal fungsi gesture juga sudah disediakan Youtube sebelumnya. Misalnya mengetuk video dua kali untuk maju maupun mundur 10 detik. Fitur baru kali ini akan terasa sama seperti fitur tersebut, namun fungsinya untuk berpindah ke video lain.