Musim kerja dan belajar dari rumah, paket data gratis disalahgunakan

Oleh: Hieronimus Patardo - Rabu, 18 Mar 2020 15:40 WIB

Paket gratis selama belajar dari rumah yang menjadi angin segar bagi pelajar ternyata malah disalahgunakan.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Penyebaran corona di Indonesia pada akhirnya membuat pemerintah terpaksa mengalihkan kegiatan kantor dan sekolah di rumah. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan penyebaran virus tersebut. Meski tidak harus datang ke kantor atau sekolah, setiap orang diimbau untuk tetap melakukan aktivitasnya.

Dalam konteks pelajar, ada beberapa platform belajar online yang dapat digunakan. Beberapa di antaranya adalah Ruang Guru, Quipper, Zenius, Cakap hingga Bahaso. Beberapa di antaranya bahkan menawarkan materi gratis yang bisa diakses tanpa biaya. 

Berbagai pihak pun memutuskan untuk mendukung kebijakan ini, tidak terkecuali operator telekomunikasi. XL misalnya. Mulai 18 Maret, operator biru ini memberikan gratis 2GB setiap hari untuk mengakses aplikasi atau layanan data yang bisa membantu belajar dari rumah. Beberapa aplikasi yang didukung XL adalah Udemy, Ruang Guru dan Zenius. 

Demikian pula dengan Telkomsel. Telkomsel bahkan sampai memberikan kuota 30GB untuk mengakses platform Ruangguru, di samping pilihan paket lain untuk akses ke berbagai aplikasi eLearning. Dan yang menarik adalah kuota itu tidak dikenakan biaya sepeser pun.

Tetapi perlu diketahui, ada yang menarik dari kuota 30GB yang ditawarkan Telkomsel. Temuan Tek.id menunjukkan ada sebuah gerakan yang berusaha mengubah kuota gratis 30GB untuk akses aplikasi eLearning menjadi kuota data reguler. Artinya, kuota gratis yang seharusnya hanya dapat digunakan untuk platform eLearning, dapat dimodifikasi menjadi kuota harian untuk mengakses aplikasi lainnya.