Mobil Volvo bisa berkomunikasi dengan mobil lain

Oleh: Erlanmart - Selasa, 16 Apr 2019 18:27 WIB

Dengan demikian pengendara akan memiliki kesempatan untuk mengemudi secara hati-hati sebelum berisiko kehilangan kendali.

Source: Volvo via Engadget

Volvo selalu memiliki ide untuk menghadirkan fitur keselamatan untuk para pengendaranya maupun pengguna mobilnya. Dilansir dari Engadget (16/4), pabrikan mobil asal Swedia ini baru saja menghadirkan fitur Slippery Road Alert dan Hazard Light Alert yang tersedia di seluruh model 2020 untuk wilayah Eropa.

Fitur ini akan memberi peringatan menggunakan informasi dari mobil Volvo jika ada hujan atau es di depan. Dengan demikian pengendara akan memiliki kesempatan untuk mengemudi secara hati-hati sebelum berisiko kehilangan kendali.

Sedangkan fitur Hazard Light Alert akan memberi tahu mobil Volvo terdekat. Pabrikan otomotif yang berdiri sejak 1927 ini membayangkan, fitur ini akan berguna sebagai keamanan yang bermanfaat pada titik buta (blind spot) dan jalan berbukit. Selain itu juga berguna untuk membantu sesama pengendara dalam keadaan darurat.

Tidak disebutkan kapan sistem keamanan tersebut akan mendarat secara global. Namun, ini hanya masalah waktu saja. Meski demikian, harganya pasti tidak akan murah.

Belum lama ini Volvo juga berencana untuk menggunakan kamera dan sensor di dalam mobilnya demi memerangi pengemudi berkendara dalam keadaan mabuk dan tidak fokus. Mobil yang dilengkapi kedua sistem tersebut dapat melakukan intervensi jika pengemudi tidak merespons sinyal peringatan.