Mobil Volvo bisa berkomunikasi dengan mobil lain

Dengan demikian pengendara akan memiliki kesempatan untuk mengemudi secara hati-hati sebelum berisiko kehilangan kendali.

Mobil Volvo bisa berkomunikasi dengan mobil lain Source: Volvo via Engadget

Volvo selalu memiliki ide untuk menghadirkan fitur keselamatan untuk para pengendaranya maupun pengguna mobilnya. Dilansir dari Engadget (16/4), pabrikan mobil asal Swedia ini baru saja menghadirkan fitur Slippery Road Alert dan Hazard Light Alert yang tersedia di seluruh model 2020 untuk wilayah Eropa.

Fitur ini akan memberi peringatan menggunakan informasi dari mobil Volvo jika ada hujan atau es di depan. Dengan demikian pengendara akan memiliki kesempatan untuk mengemudi secara hati-hati sebelum berisiko kehilangan kendali.


BACA JUGA

Taksi listrik Blue Bird buka peluang Tesla masuk Indonesia

Hanya satu di dunia, VW Bug berbaterai Tesla

KIA kenalkan mobil listrik dengan dasbor layar sentuh


Sedangkan fitur Hazard Light Alert akan memberi tahu mobil Volvo terdekat. Pabrikan otomotif yang berdiri sejak 1927 ini membayangkan, fitur ini akan berguna sebagai keamanan yang bermanfaat pada titik buta (blind spot) dan jalan berbukit. Selain itu juga berguna untuk membantu sesama pengendara dalam keadaan darurat.

Tidak disebutkan kapan sistem keamanan tersebut akan mendarat secara global. Namun, ini hanya masalah waktu saja. Meski demikian, harganya pasti tidak akan murah.

Belum lama ini Volvo juga berencana untuk menggunakan kamera dan sensor di dalam mobilnya demi memerangi pengemudi berkendara dalam keadaan mabuk dan tidak fokus. Mobil yang dilengkapi kedua sistem tersebut dapat melakukan intervensi jika pengemudi tidak merespons sinyal peringatan.

Baik kamera dan sensor akan memperhatikan faktor-faktor seperti pengemudi menutup mata mereka dalam waktu yang lama, berpaling dari jalanan dalam durasi yang lama, waktu reaksi yang sangat lama, terlalu sering berganti jalur kiri atau kanan, dan tidak ada input kemudi dalam waktu yang lama.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: