Misteri dune gelap di permukaan Titan bulan Saturnus baru bisa dijawab NASA pada 2028

Oleh: Lysti Rahma - Kamis, 21 Mar 2024 11:01 WIB

Lalu bagaimana bukit pasir ini bisa menghiasi permukaan Titan? Skenario ini mengaitkan asal usul dune tersebut dengan Sabuk Kuiper.

Dibalik pesona misterius dune gelap yang menghiasi permukaan Titan, bulan terbesar Saturnus, mungkin terdapat kisah yang lebih menakjubkan dari yang kita bayangkan. Menurut laporan ilmuwan planet, William Bottke, yang disampaikan dalam Lunar and Planetary Science Conference, dune-dune misterius tersebut kemungkinan besar bukanlah hasil dari proses lokal, melainkan jatuh dari langit.

 

Titan adalah bulan terbesar milik Saturnus dan satu-satunya bulan di tata surya yang diketahui memiliki awan serta atmosfer yang padat. Selain itu, Titan adalah satu-satunya benda selain Bumi yang diketahui memiliki cairan di permukaannya. Sedangkan dune yang dimaksud adalah bukit pasir.

 

Dilansir dari sciencenews.org (21/3), simulasi komputer menunjukkan bahwa jumlah material komet yang cukup banyak bisa saja telah menabrak Titan, membentuk ladang dune yang luas seperti yang disampaikan William Bottke.