Menjajal sebentar laptop gaming Asus yang belum dirilis

Oleh: Erlanmart - Selasa, 02 Jul 2019 20:19 WIB

Asus mengenalkan sekumpulan laptop gaming yang belum meluncur di Indonesia. Tetapi karena keterbatasan waktu, saya hanya menjajal sebentar ROG Strix Scar III.

Asus merupakan salah satu pabrikan laptop yang menghadirkan kebutuhan gaming. Agar dapat membedakan perangakt gaming dari produk standar, mereka menambahkan embel-embel ‘Republic of Gamers’ atau ROG pada perangkat khusus untuk bermain gim, termasuk laptop. ROG Product Marketing, Hendra Wijaya, menginformasikan bahwa jajaran ROG sudah dimulai sejak tahun 2006.

Prabrikan yang berbasis di Taiwan tersebut mengklaim pangsa pasar ROG di Indonesia memiliki pangsa pasar di angka 60 persen untuk perangkat laptop gaming. Sedangkan pangsa pasar PC gaming mereka sebesar 48 persen. Dengan demikian, Asus menjadi pemimpin dalam pangsa pasar laptop gaming di Tanah Air.

Menjadi penguasa pasar tentunya tidaklah mudah. Asus menginformasikan pencapaian ini lantaran mereka memiliki deferensiasi dengan para kompetitor. Beberapa pembeda yang tampil pada ROG adalah sistem pendingin yang dihadirkannya. Perangkat laptop gaming Asus menjanjikan performa tinggi sehingga digadang-gadang setara dengan desktop gaming.

Sistem pendingin adalah salah satu hal yang paling krusial dalam laptop gaming. Asus memiliki cara agar Turbo Boost dan GPU dapat berjalan lancar dengan solusi software Armory Crate yang salah satu fungsinya dapat menghadirkan pendingin dengan penyesuaian penggunaan.

“Hal yang membedakan produk ROG dari yang lain adalah ROG Armory Crate. Di sini ada pilihan kipas pendingin Silent, Standar dan Turbo,” kata Hendra.