Menjajal browser Edge berbasis Chromium

Oleh: Erlanmart - Jumat, 17 Jan 2020 13:03 WIB

Browser ini ditenagai oleh mesin yang sama pada Google Chrome. Pengguna Windows dan Mac dapat mengunduh dan menginstal pembaruan secara manual di sini.

Seperti yang telah dijanjikan beberapa waktu lalu, akhirnya Microsoft secara resmi merilis browser Edge berbasis Chromium. Browser ini ditenagai oleh mesin yang sama pada Google Chrome. Pengguna Windows dan Mac dapat mengunduh dan menginstal pembaruan secara manual di sini.

Kebetulan saya sudah mengunduh browser terbaru tersebut dengan mengunduhnya secara manual. Sebagai informasi, Microsoft baru akan merilis pembaruan secara otomatis untuk pengguna Windows pada pekan depan. Karena tidak sabar mencoba, saya mengunduhnya secara manual.

Kamu dapat mengunduh Edge berbasis Chromium dari browser manapun. Namun jika mengunduhnya dari platform Edge lawas, setelah proses instalasi selesai, maka sistem akan meminta kamu untuk menutup browser Edge lawas dan secara otomatis akan membuka dengan sistem yang baru. Skenario ini sudah dapat saya tebak sebelumnya.

Setelah Edge versi baru sudah terinstal, kamu akan diminta untuk memilih tampilannya sesuai dengan selera. Ada tiga opsi tampilan, yakni Inspirational, Informational, dan Focused. Saat saya meng-klik masing-masing opsi tersebut, ada animasi yang menunjukkan bagaimana tampilan yang tersajikan. Karena saya masih pengguna baru, maka saya memilih opsi Inspirational, yang mana ini adalah pilihan default.